Bab 4
Mengoperasikan
Software Pengolah Kata
A.
Mempersiapkan
software Pengolah Kata (Microsoft Word 2007)
Langkah-langkah mengaktifkan Microsoft Word 2007 adalah
sebagai berikut.
1.
Melalui Menu
Start
a. Klik menu start yang berada di pojok kiri bawah.
b. Klik All Programs, sorot Microsoft Office, lalu sorot lagi Micosoft Office Word 2007 kemudian
klik, maka akan muncul lembar kerja MS.
Word 2007.
2.
Melalui Shortcut
a. Cari icon
huruf W (Microsoft Office Word 2007) pada dekstop.
b. Double click.
Tunggu loading selesai lalu muncul lembar kerja MS.Word 2007.
B.
Mengenal
Microsoft Word 2007
1.
Memulai Aplikasi
Microsoft Word 2007
Langkah-langkah
mengaktifkannya sebaai berikut.
a. Dari dekstop
Windows, klik start sehingga muncul menu
b. Klik All Programs, sorot Microsoft
Office, lalu sorot lagi Micosoft
Office Word 2007 kemudian klik, maka akan muncul lembar kerja MS. Word 2007.
2.
Mengenal Lembar
Kerja pada Microsoft Word 2007
1)
Microsoft Office Button
Microsoft Office Button adalah pengganti menu file pada Microsoft word
versi sebelumnya. Tombol ini berisi menu New, Open, Save, Save as, Print, Close
dan sebagainya.
2)
Quik Acces Toolbar
Toolbar ini keistimewaaa khusus yang terletak di bagian sudut kiri
atas. Tombol-tombol perintah pada toolbar ini dapat kita tambahkan dengan
tombol-tombol lain sesuai dengan kebutuhan.
3)
Tittle Bar Baris Judul
Tittle bar merupakan bar yang menampilkan nama dokument yang aktif atau
yang sedang dikerjakan.
4)
Ribbon
Ribbon adalah deretan menu utama untuk mengakses beberapa fungsi yang
terdiri dari beberapa kelompok. Kelompok tersebut dikelompokkan sesuai
fungsinya masing-masing.
5)
Tab
Tab adalah bagian yang berbentuk tabulasi dan berisi serangkaian
kelompok yang memuat beberapa tombol.
6)
Group
Perintah yang memiliki kesamaan fungsi dikumpulkan disini.
Perintah-perintah tersebut ditandai dengan tombol.
7)
Cursor
Cursor adalah suatu petunjuk atau indikator posisi pada monitor
komputer atau peranti tampilan lain yang akan merespons masukan dari suatu
masukan teks atau peranti petunjuk.
8)
Status Bar
Menampilkan informasi dan pesan-pesan yang terletak pada bagian bawah
jendela Microsoft Word seperti posisi keaktifan insertion point (posisi editing
naskah), keaktifan beberapa tombol kkeyboard, language (ejaan bahasa) yang
digunakan dan lain-lain.
9)
Ruler
Bagian dari tampilan layar Microsoft Word yang digunakan untuk menunjuk
pada ukuran.
10)
View Mode
View mode digunakan untuk mengatur tampilan yang terdiri dari printout,
full screen reading, web layout, outline dan draft.
11)
Zoom Slider
Tombol ini digunakan untuk memperbesar atau memperkecil lembar kerja.
12)
Scroll Bar
Berfungsi untuk menggulung lembar kerja ke atas atau ke bawah (Scroll
Bar vertikal) dan kek iri atau ke kanan (Scroll Bar Horizontal)
13)
Text Area
Text Area adalah media ketik yang sudah dibatasi oleh batas atas, batas
bawah, batas kiri dan batas kanan. Tidak seperti halnya pengetikan manual, kita
tidak perlu khawatir pengetikan akan keluar dari batas margin, semua sudah
diatur sedemikian rupa sehingga ketikan akan diatur otomatis dan tetap dalam
lingkup halaman tersebut.
3.
Pengelolaan File
a.
Membuat file/dokumen baru
1) Klik Office Buttom pada lembar kerja
2) Klik New pada kotak dialog
3) Pilih Blank Document kemudian klik
Create
b.
Menyimpan File Dokumen/File
1)
Perhatikan
Quick Access Toolbar. Kemudian klik Save
c.
Menutup Dokumen yang telah dikerjakan
(File Aktif)
1) Office Buttom -> klik Close, maka
otomatis MS.Word akan ditutup
d.
Membuka Dokumen yang telah tersimpan
1)
Aktifkan
MS.Word 2007. Klik Office Buttom
2)
Klik
open. Cari file yang akan dibuka, klik open.
3)
Setelah
klik Open maka akan muncul file dokumen yang diinginkan.
By: Farah Afika
Tidak ada komentar:
Posting Komentar